Beasiswa Jepang: Sebuah Penantian #001

24 Juli 2017
15:13 Waktu Indonesia Tengah

Awal Agustus. Sebenarnya jika hanya memandang dari hitungan hari, tibanya awal Agustus hanya tinggal hitungan jari. Namun, persepsiku soal waktu belakangan ini nyatanya bukan hanya soal hitungan hari.

Terlalu banyak yang kunantikan kedatangannya dalam bulan-bulan ke depan. Ada yang dengan harap-harap cemas. Ada yang penuh antusiasme. Dan yang kunantikan datangnya di awal Agustus ini termasuk yang kunantikan dengan harap-harap cemas. Ia adalah keputusan final beasiswaku. Keputusan final yang akan (insya Allah) memastikan keberangkatanku ke Jepang dengan beasiswa teacher training dari 文部科学省 (Monbukagakushou atawa MEXT).

Kalau kuhitung-hitung, penantianku kali ini adalah penantian yang keenam dalam hubunganku dengan beasiswa teacher training ini. Mungkin karena ini rasanya jadi sangat campur-aduk. Kepada semua lawan bicaraku yang bertanya tentang kabar beasiswa ini selalu kukatakan bahwa aku hanya perlu menunggu dengan sabar dan tawakkal. Namun, jauh di dalam hati, yang terjadi tidaklah sesederhana itu.

Terlalu banyak harapan besar yang kuletakkan di depan keputusan beasiswaku ini. Harapan-harapan besar yang kemungkinan besar harus kukubur ketika akhirnya keputusan yang datang nanti tidak mendukung keberangkatanku ke Jepang.

Tak sedikit pula pengorbanan yang telah kutunaikan demi mengejar cita-citaku belajar ke Jepang lewat beasiswa ini. Pengorbanan yang mungkin akan sangat sukar untuk kuulang kembali sekiranya awal Agustus nanti takdir yang menghampiriku justru “keberhasilan yang tertunda” instead of “keberhasilan” saja.

Gundah. Mungkin ini istilah yang tepat untuk mewakili isi hatiku selama beberapa pekan terakhir. Aku berharap kegundahan ini segera berakhir, apapun keputusan yang menghampiriku nanti. Aku berharap pekan ini adalah pekan terakhir kegundahan ini bermalam dalam benakku. Aku sungguh berharap bahwa pekan depan, di awal Agustus, keputusan final itu benar-benar tiba dengan membawa berita gembira bagi semua orang yang mendukung penantianku selama ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: