Tutorial Google Apps for Education #002: Syarat dari Google – Verifikasi Domain

Oke, kali ini saya akan lanjutkan pembahasan tahapan pendaftaran GAFE. Seluruh proses ini saya jalani sekitar setahun yang lalu, jadi apabila ada yang ketinggalan, saya mohon maaf dan harap maklum, ya.

Setelah Anda signup ke layanan GAFE dengan mendaftarkan domain yang dimiliki sekolah Anda, Anda sudah dapat login ke halaman administrasi Google Apps for Education untuk domain sekolah Anda di:

http://www.google.com/a/<domain.sekolah.anda>/

Rincian tahapan yang harus dijalani juga disampaikan oleh Google ke email yang Anda inputkan ketika mendaftarkan sekolah Anda. Isi emailnya kurang lebih seperti ini:

verifikasi-domain

Oke, langsung saja kita bahas tahapan yang kedua

Verifikasi Domain

Sebagaimana disebutkan dalam email yang dikirimkan Google kepada Anda setelah signup layanan GAFE, Anda dapat memverifikasi domain Anda melalui salah satu dari dua cara: (1) seting CNAME atau TXT atau (2) unggah berkas. Untuk domain utama, akan sangat mudah jika Anda memverifikasi lewat cara pertama, yaitu seting CNAME atau TXT. Teknisnya bisa berbeda antara satu registrar (penyedia domain) dan registrar lainnya. Oleh karena itu, untuk yang satu ini, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan tempat Anda membeli domain.

Google sendiri sebenarnya sudah memberikan informasi tahapan step-by-step untuk domain registrar ternama semacam GoDaddy. Akan tetapi, jika Anda tidak membeli domain dari registrar yang terkenal di level internasional, informasi dari Google hanya memberikan garis besar mekanismenya saja. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih registrar yang dokumentasi informasinya lengkap.

Dalam kasus saya, saya memilih Masterweb Network dan saya berani katakan bahwa pilihan saya sudah tepat. Jika Anda ingin membeli domain dari Masterweb juga, silakan klik di sini.

Seting CNAME atau TXT

Secara umum, mekanisme kerja tahapan ini adalah sebagai berikut (sumber: https://support.google.com/a/answer/183895):

  1. Anda login ke akun Anda pada situs penyedia domain/hosting Anda.
  2. Anda kunjungi laman pengelolaan DNS Anda. Namanya bisa jadi DNS Management, Name Server Management, atau Advanced Settings.
  3. Anda temukan seting TXT untuk domain Anda. Isinya kurang lebih seperti ini:
    verifikasi-domain-1
  4. Tambahkan seting TXT baru sesuai kebutuhan Anda. Panduan seting TXT sesuai tuntutan layanan Google dapat Anda temukan di sini: https://support.google.com/a/answer/2716802.
  5. Simpan setingan baru Anda dan tunggu sampai pengaruhnya berjalan efektif.

Secara khusus, silakan konsultasi ke penyedian domain Anda.

Unggah Berkas

Langkah ini dapat Anda gunakan jika Anda menggunakan skenario 1 domain utama dengan beberapa subdomain sekaligus untuk kelompok-kelompok pengguna GAFE yang berbeda di sekolah Anda. Verifikasi domain melalui unggah berkas sangat efektif diterapkan pada subdomain-subdomain yang Anda tambahkan nantinya setelah verifikasi domain utama selesai.

Tutorial lengkapnya dari Google dapat Anda baca sendiri di sini: https://support.google.com/a/answer/63026. Intinya, Anda akan diberi sebuah file HTML yang harus Anda unggah ke root folder (/) dari domain Anda. Tampilannya di file manager domain Anda kurang lebih seperti ini:

verifikasi-domain-m

File HTML pemberian Google, pada contoh di atas, adalah yang bernama googlebl4bl4bl45eki4n5eki4n.html. Sejauh pengalaman saya dengan penyedia domain saya, verifikasi melalui seting TXT untuk subdomain selalu berakhir dengan kegagalan. Akan tetapi, jika menggunakan penggunggahan berkas HTML, verifikasi selalu berhasil dan waktu tunggunya pun relatif singkat.

Tampilan halaman Domain di dasbor Google Apps Admin Anda akan tampak kurang lebih seperti ini jika semua domain dan subdomain sudah terverifikasi.

verifikasi-domain-n

Jika Anda sudah berhasil memverifikasi domain Anda, maka langkah selanjutnya adalah menunggu konfirmasi kelayakan dari Google untuk sekolah Anda.

Konfirmasi Kelayakan

Bersambung ke artikel selanjutnya.

つづく。

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s