Tutorial Google Apps for Education #002: Syarat dari Google – GAFE Signup

Sebenarnya untuk mengetahui persyaratan yang ditetapkan oleh Google bagi sekolah-sekolah yang ingin mengimplementasikan Google Apps for Education di lingkungannya masing-masing, Anda bisa saja googling sendiri. Akan tetapi, demi menghemat energi Anda, berikut ini saya berikan link straightforward to the point yang Anda harus kunjungi untuk mengajukan sekolah Anda ke Google.

Let’s Go!

Pada halaman di atas, Anda akan disodori dialog berikut:

prasyarat-gafe

Coba perhatikan tiga langkah di bagian sebelah kanan. Tiga langkah inilah yang tepat harus Anda selesaikan untuk dapat menikmati layanan Google Apps for Education di lingkungan sekolah Anda. Kita bahas satu per satu ya.

Daftarkan Sekolah Anda

Anda dapat mendaftarkan sekolah Anda dengan cara menjawab “Ya” secara terus-menerus pada setiap dialog yang diajukan pada situs yang Anda kunjungi lewat link “Let’s Go!” di atas.

Maksudnya begini. Setelah Anda menjawab “Got it” pada dialog pertama tadi, Anda akan disodori dialog berikutnya, yaitu:

prasyarat-gafe-1Nah, di dialog ini, jawab “Ya” saja lagi dengan mengeklik “Yes, let’s get started”. Setelah itu, Anda akan dapati bahwa ikon shopping cart di sudut kanan atas telah terisi oleh satu produk sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut:

prasyarat-gafe-2

Berikutnya, silakan “View Cart”. (Bahasa yang Anda gunakan mungkin berbeda namun logika langkah-langkahnya tetap sama, jadi tidak perlu khawatir.) Di halaman rincian shopping cart Anda, Anda akan melihat hal seperti ini di sudut kanan bawah:

prasyarat-gafe-3

Layanan GAFE ini 100% GRATIS. Anda tidak perlu khawatir suatu hari nanti tagihan sebesar $0.00 ini akan berubah (kecuali Anda membeli layanan tambahan dari Google, tentunya). Klik saja “Set up Productivity Tools” dan Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran layanan Google Apps for Education yang tampilan formulir isiannya tampak pada gambar di bawah ini:

prasyarat-gafe-5

Perhatikan yang saya beri kotak merah (Institution website). Jujur saja, ketika pertama kali mendaftar, saya tidak mengetes apakah field itu wajib diisi atau tidak. Karena itu, saya tidak bisa memastikan bahwa field itu boleh dikosongkan ketika Anda sign up layanan GAFE pertama kali.

Yang saya bisa rekomendasikan adalah: sekolah Anda sebaiknya punya halaman website terlebih dahulu sebelum mendaftar, sekedar jaga-jaga saja.

Nah, selain punya website, sekolah Anda juga sebaiknya sudah punya halaman domain yang resmi dimiliki dan akses ke manajemen DNS (domain name system)-nya memang dipegang oleh staf internal sekolah yang mudah dijangkau. Ini penting untuk menyelesaikan langkah berikutnya.

Verifikasi Domain

Akan dijelaskan di artikel berikutnya.

つづく。

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s