Tutorial Google Apps for Education #001: Prasyarat

Selama dua tahun ini vakum dari dunia blogging, saya disibukkan dengan aktivitas belajar banyak hal baru, salah satunya adalah implementasi Google Apps for Education (GAFE) di sekolah saya. Oleh karena itu, kali ini saya ingin berbagi tentang suka-duka implementasi GAFE ini mulai dari pengajuan sampai set-up sistemnya.

Sebelum masuk ke prasyarat Google Apps for Education, ada baiknya saya sampaikan kondisi sekolah saya terlebih dahulu yang akhirnya membuat kami (saya dan teman-teman guru lainnya) berani mengajukan diri untuk menerapkan GAFE di lingkungan sekolah kami. Baiklah, sekolah kami punya…

Jaringan Intranet yang Stabil dan Internet yang (Relatif) Stabil

Sudah jadi rahasia umum bahwa jaringan internet di negara kita tercinta ini termasuk lima besar di Asia Tenggara dalam hal kelemotannya. Oleh karena itu, saya perlu mewanti-wanti khalayakan pendidikan sekalian bahwa Google Apps for Education tidak akan berjalan optimal tanpa koneksi internet yang stabil.

GAFE memang gratis, sehingga mencoba menerapkannya di lingkungan sekolah, bahkan ketika terkendala internet lamban sekalipun, memang tidak ada ruginya. Akan tetapi, dari sisi efisiensi, alangkah baiknya jika infrastruktur internet di sekolah para pembaca sekalian dipastikan lancar dahulu baru kemudian mendaftarkan diri untuk menikmati layanan GAFE.

Nah, di sekolah kami, alhamdulillah, intranetnya sangat stabil dan internetnya cukup stabil (dalam satu pekan, hanya satu atau dua hari mati total di hari kerja). Jadi, saya rasa tidak ada salahnya sekolah kami mencoba GAFE.

SDM yang Familiar dengan Pendaftaran dan Seting Domain

Prasyarat berikutnya yang harus dimiliki sekolah demi kelancaran proses implementasi GAFE adalah SDM yang rela menggadaikan jiwa dan raganya kepada Maou-sama bekerja tak kenal lelah dalam mendaftarkan domain milik sekolah dan menyetingnya hingga sesuai dengan tuntutan Google Apps for Education.

Jika Anda tidak punya SDM yang berpengalaman dalam hal ini tapi sangat ingin mencoba jutaan kemudahan yang ditawarkan Google Apps for Education di lingkungan sekolah Anda, Anda bisa hubungi saya. Cek header blog ini. (Haha, promosi.)

Terdapat dua skenario setingan domain yang ditawarkan oleh Google.

Pertama, Anda bisa menggunakan satu domain yang sama untuk seluruh civitas academica dan pemisahan pengguna hanya diterapkan di level group. Ini skenario paling mudah. Kalau saya diminta menyetingkan domain sekolah untuk GAFE dengan skenario ini, saya tidak akan tega memasang harga di atas Rp 1 juta (syarat dan ketentuan berlaku *_*).

Kedua, Anda bisa menggunakan beberapa subdomain untuk kelompok civitas academica yang berbeda, misal user@guru.sekolahmu.sch.id untuk para guru dan staf serta user@siswa.sekolahmu.sch.id untuk para siswa. Ini skenario yang paling rumit (ya iyalah, kan skenarionya cuman dua). Minimal SDM Anda harus rela tidak tidur tiga hari demi belajar menyeting domain dengan skenario ini, apabila mereka tidak punya pengalaman berurusan dengan dunia per-domain-an sebelumnya.

Domain Registrar yang Support-nya Ramah dan Tepat Sasaran

Selama kurang lebih tujuh tahun wara-wiri di dunia domain-hosting, saya berani bilang bahwa Masterweb Network termasuk yang terbaik di kelasnya. Ini bukan promosi lho. Saya jujur saja. Anda bisa bandingkan harga, infrastruktur, dan pengalaman semua domain registrar di Indonesia. Saya yakin, Masterweb Network pasti akan menempati posisi setidaknya tiga besar dalam daftar Anda.

Jika Anda tidak ingin menggunakan jasa saya untuk menyeting domain Anda, setidaknya Anda bisa beli domain dari Masterweb Network lewat link saya. ^_^

Tinggalkan Balasan

