Bedah Manjaro Linux: Xfce, Conky, dan AWN

Setelah kurang lebih 3 pekan menggunakan Manjaro Linux, saya rasa sudah saatnya berbagi cerita tentang OS Linux saya yang kedua ini. Sebelumnya saya pakai Mandriva 2011. Berhubung open source development-nya berhenti dan OpenMandriva belum merilis OS sampai saat ini, saya pun mencari alternatif baru yang lebih greget. Singkat cerita, saya bertemu Manjaro dan alhamdulillah makin betah menggunakannya sampai saat ini. Thanks to the great community of Manjaro Forum dan the great solid precursor, Arch Linux. 😀

Kali ini saya akan membahas soal desktop-nya dulu. Soal instalasi menyusul aja nggak apa-apa, ya. Langsung saja, ini desktop saya per 19 Mei 2013.

Manjaro + Xfce 4.10 + Avant Window Navigator + Conky Lua

Manjaro + Xfce 4.10 + Avant Window Navigator + Conky Lua

Xfce 4.10

Berhubung yang saya instal adalah Manjaro Linux Net Edition, maka tampilannya sejak awal memang agak berbeda dari Xfce standar bawaan Manjaro Xfce. Mari kita telanjangi satu per satu kustomisasi yang saya lakukan terhadap Xfce 4.10 ini.

Pertama, kita mulai dari wallpaper. Wallpaper yang saya gunakan adalah ini:

Manjaro Labyrinth Blue by katsujimadanjiro

Manjaro Labyrinth Blue by katsujimadanjiro

Kalau mau file mentahan desain logo dan background tile-nya, bisa donlot di Forum Manjaro atau Komunitas Manjaro Linux Indonesia.

Berikutnya, kita lanjut ke panel. Itu lho yang di atas. Berikut ini setingan panel saya:

Xfce4 Panel Properties

Xfce4 Panel Properties

Menariknya setingan di panel Xfce, tidak ada tombol Apply ataupun OK sebagaimana di Windows. Setiap perubahan yang kita buat akan langsung terlihat efeknya sehingga memudahkan kita yang baru belajar mengkonfigurasi desktop environment sendiri di OS GNU/Linux.

Untuk bisa menggunakan Xfce 4.10, cukup instal PKG (baca: paket ATAU package) xfce4 dari repository Manjaro dengan perintah ini:

sudo pacman -S xfce4

Kalau butuh aplikasi tambahan Xfce, seperti Notification Daemon (xfce4-notifyd), Ristretto Image Viewer (ristretto), dan lain-lain, silakan cari di terminal dengan perintah ini:

sudo pacman -Ss xfce4-goodies

Gampang, kan?

Conky Lua

Berikutnya, kita ke Conky Lua. Conky adalah aplikasi yang menampilkan informasi terkait sistem secara live. Lua adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur tampilan Conky. Saya nggak banyak menggerayangi si Conky ini. Untuk bisa menampilkan Conky, cukup instal dua PKG ini lewat terminal:

sudo pacman -S conky-lua conky-control

Conky Control

Conky Control

Kalau semua sudah terinsal, tinggal jalankan Conky-Control via Applications Menu > Settings > Conky-Control, lalu pilih tema Conky yang diinginkan. Tema yang saya pakai sampai saat ini adalah Delta-Orange. Untuk memastikan bahwa Conky akan selalu dijalankan ketika startup, pastikan Conky Control RC tercentang (checked) dalam pengaturan Application Autostart (Applications Menu > Settings > Session and Startup).

Xfce Session and Startup

Xfce Session and Startup

Semua aplikasi yang autostarted setelah kita login akan ter-listing di sini. Kalo mau nambah aplikasi, tinggal klik tombol Add yang ada di bawah. Kalo mau batalin autostart atau ngedit perintah dari aplikasi yang diseting autostart, tinggal pilih aplikasinya, lalu klik Remove atau Edit.

Avant Window Navigator

AWN adalah aplikasi dock/launcher favorit saya sejak pertama kali saya pakai Mandriva. Jadi, ketika sekarang saya migrasi ke Manjaro pun AWN tetap jadi pilihan saya. Berikut ini seluruh setingan AWN saya:

AWN Settings

AWN Settings

Tema yang saya gunakan adalah hasil editan dari Dark Theme 1.0 yang kemudian, setelah selesai diedit via tampilan Customize, saya simpan sebagai tema baru Dark-jiro 1.0.

Oh ya, AWN dapat diinstal via terminal dengan perintah berikut:

sudo pacman -S avant-window-navigator awn-extras-applets

Oh ya, satu hal yang perlu saya bagi di sini. Jangan aktifkan AWN Notification Daemon yang ada di Applets karena akan konflik dengan Xfce Notification Daemon (xfce4-notifyd).

Kalau sudah terinstal dan setingan sudah rapi, jangan lupa pastikan bahwa AWN akan selalu autostart ketika kita login. Caranya sama seperti ketika memastikan autostart Conky di atas.

Fyuh! Akhirnya selesai juga Bedah Manjaro Linux kali ini. Nantikan postingan Bedah Manjaro Linux lainnya.

One thought on “Bedah Manjaro Linux: Xfce, Conky, dan AWN

Tinggalkan Balasan

