Skill Workshop for Young Scientists and Engineers

Hari itu Senin, 18 Februari 2012. Saya berangkat menumpang bus ke Balikpapan untuk menghadiri sebuah workshop yang diselenggarakan atas kerja sama American Chemical Society dan Himpunan Kimia Indonesia. Nama workshop ini saya jadikan judul postingan kali ini.

Yang hebat dari workshop ini adalah semuanya gratis. Para peserta hanya perlu menyediakan waktu dan tenaga. Selebihnya (dan kelebihannya banyak sekali) ditanggung semua oleh panitia berkat dukungan dana yang kuat dari The United States Department of State. Transportasi pergi-pulang, makan siang, makan malam, semua ditanggung panitia. Kami puas.

Tidak hanya fasilitasnya, materinya pun luar biasa bagus, setidaknya bagi saya. Workshop ini menghadirkan para pembicara dari American Chemical Society, antara lain: H. N. Cheng, Steve Meyers, Jodi Weisemann, Dat Tran, dan satu lagi pembicara terakhir yang saya lupa namanya. (T^T) Gomen nasai.

Yang saya ikuti sesi workshop-nya Steve Meyers dan Dat Tran, yaitu Publishing Your Research (langkah-langkah publikasi riset) dan Selling Your Research (tentang cara bikin proposal riset) respectively. Oh iya, ada juga yang terakhir, sesi materi gabungan, tentang coaching. Saya lupa nama pematerinya. Yang pasti berbau turunan Spanyol. Entah Diego, entah Rodriguez, I don’t know. Lupa. Serius.

Selain keren, follow-up-nya juga mantap. Semua peserta diberi kesempatan gabung di forum ACS Communities. Udah gitu pake acara ngadain Trainer Institute di Thailand khusus bagi 4 peserta dari masing-masing kota. Oh ya, saya lupa bilang, ya, kalo acara workshop ini nggak cuma diadakan di Balikpapan, tapi juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia dan Malaysia.

Nah, berhubung saya nggak pegang arsip dokumentasinya, di sini saya cuma bisa berbagi sedikit foto pilihan yang semoga saja bisa mewakili atmosfer acaranya. Check ’em out!

Momennya nggak pas, tapi yang penting nampang.

Momennya nggak pas, tapi yang penting nampang.

Pembicara dari ACS beserta Panitia dari HKI dan Yayasan Tetra poto bareng.

Pembicara dari ACS beserta Panitia dari HKI dan Yayasan Tetra poto bareng.

2 thoughts on “Skill Workshop for Young Scientists and Engineers

Tinggalkan Balasan

